PROFIL PRODI
Program Studi Strategi dan Kampanye Militer merupakan Prodi kerjasama dengan Sekolah Komando TNI yang dimulai pada Tahun 2012. Persyaratan Mahasiswa adalah Lulusan Sesko TNI yang Berpangkat Kolonel dan memenuhi syarat yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Kemudian Prodi SKM dikembangkan pada tahun 2019 dengan menerima mahasiwa dari Kemhan RI dan Mabes TNI dengan Persyaratan Mahasiswa Berpangkat Kolonel yang Memenuhi Syarat dan Selama Mengikuti Pendidikan dan Perkuliahan tidak melepas jabatan. Tugas Prodi adalah melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang memiliki kurikulum dan metode pembelajaran tertentu dalam 1 (satu) jenis pendidikan akademik, pendidikan vokasi, dan/atau pendidikan profesi di bidang pertahanan negara dan bela negara sesuai bidang program studi Strategi dan Kampanye Militer.
OUTCOMES
Profil Lulusan (Outcomes) Prodi Strategi dan Kampanye Militer sebagai berikut: Magister bidang pertahanan yang mampu menjadi pemimpin, mampu merumuskan dan mengaplikasikan konsep Strategi Pertahanan dan Kampanye Militer yang berwawasan nasional dan internasional berdasarkan pengetahuan spesifik Indonesia dengan landasan Identitas, Nasionalisme dan Integritas.
KOMPETENSI
KOMPETENSI UTAMA
- Mampu merumuskan kebijakan strategis yang berkaitan dengan Strategi dan Kampanye Militer dihadapkan dengan lingkungan strategis yang dinamis
- Mampu mengidentifikasi/memprediksi tantangan /ancaman dan memiliki daya antisipasif melalui alat analisis Strategi dan Kampanye Militer yang dapat berdampak kepada penyelenggaraan pertahanan negara secara Global
- Mampu merumuskan kebijakan strategis berkenaan dengan penelitian perencanaan dan pengembangan Strategi dan Kampanye Militer dihadapkan dengan sumber daya terbatas
- Mampu menghasilkan karya inovatif dan aplikatif sehingga dapat menjadikan dasar untuk kajian dalam memenuhi kebutuhan penyelenggaraan Strategi dan Kampanye Militer dalam rangka penyelenggaraan pertahanan negara secara Global
- Mampu mentransformasikan pengetahuan dan ketrampilan ilmu terapan Strategi dan Kampanye Militer dilingkungan tugasnya
- Mampu berperan sebagai pelaksana kebijakan dibidang tata kelola pertahanan negara dari aspek tinjauan Strategi dan Kampanye Militer serta intelijen strategis
- Mampu menjalankan tugas sejalan dengan prinsip-prinsip ilmu Strategi dan Kampanye Militer serta intelijen strategis
KOMPETENSI PENDUKUNG
- Mampu mengimplementasikan nilai-nilai kepemimpinan dalam berorganisasi
- Mampu memahami penyelenggaraan pertahanan negara secara Global
- Mampu memahami intelijen strategis dalam kaitannya dengan Strategi dan Kampanye Militer
KOMPETENSI LAINNYA
- Mampu mengimplementasikan kepemimpinan strategis berbasis teori-teori kepemimpinan melalui pembelajaran praktis dibidang Strategi dan Kampanye Militer
- Mampu berpikir kritis kreatif dan inovatif dengan berpegang teguh kepada prinsip-prinsip identitas, nasionalisme dan integritas
- Mampu menyediakan hasil analisis intellijen strategis dan menyerahkan kepada stakeholder untuk ditindaklanjuti
VISI dan MISI
VISI
Pada tahun 2029 menjadi Prodi bidang Strategi dan Kampanye Militer yang berkeunggulan strategis melalui program Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian di bidang Pertahanan yang melestarikan nilai-nilai kebangsaan.
MISI
- Mendidik calon pimpinan militer yang profesional bidang Strategi dan Kampanye Militer, memiliki kemampuan sebagai Intelektual Intelijen, inovatif, serta memiliki nilai-nilai perjuangan dan kejuangan yang diperoleh secara empiris akademis melalui program pendidikan pasacasarjana.
- Mengembangkan ilmu pertahanan melalui bidang strategi dan kampanye militer sebagai interdisipliner antar berbagai keilmuan guna meningkatkan kemampuan sistem pertahanan negara
- Menyelenggarakan sistem pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat berbasis mutu
- Menyelenggarakan manajemen dengan pendekatan partisipatif dan kolegial didukung administrasi pendidikan tinggi berbasis mutu yang efisien dan akuntabel
- Melaksanakan kerja sama dengan berbagai instansi dan perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri guna peningkatan dan pengembangan keilmuan bidang strategi dan kampanye militer untuk memperkuat pertahanan negara
- Meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia (dosen dan tenaga kependidikan) berdaya saing dalam bidang strategi dan kampanye militer
AKREDITASI
Prodi Strategi dan Kampanye MILITER telah berhasil memenuhi persyaratan perpanjangan akreditasi, dan mendapatkan persetujuan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor: 588/SK/BAN-PT/Akred/M/III/2019dengan keputusan memenuhi syarat peringkat “AKREDITASI B” tmt. 27 Maret 2019 s.d. 27 Maret 2024.
DASAR PENYELENGGARAN
- Perjanjian Kerjasama antara Sesko TNI dengan Universitas Pertahanan Nomor: 109/PKS/12/2016 tanggal 6 Desember 2016 tentang Perjanjian Kerjasama Program Pascasarjana Bidang Pertahanan Negara dan Bela Negara Program Studi Strategi dan Kampanye Militer
- Nota Kesepahaman antara TNI dengan Unhan tentang Penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Nomor: NK/05/XI/2018 dan Nomor: NK/37/XI/2018
- Surat Komandan Sesko TNI Nomor: NK/05/XI/2018 B/2537-12/17/1/Sesko tanggal 15 Desember 2021 Perihal Piagam dan Perrjanjian Kerja Sama antara Sesko TNI dengan Unhan
- Perjanjian Kerjasama antara Unhan RI dengan Sesko TNI, Nomor; PKS/074/V/2022/UNHANRI tanggal 20 Mei 2022 tentang Pendidikan Pasacarjana Bidang Pertahanan Negara dan Bela Negara Program Studi Strategi dan Kampanye Militer
LINI MASA
PELAKSANAAN KURIKULUM
Prodi Strategi dan Kampanye Militer terdiri dari mahasiswa TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Polisi yang berpangkat Jenderal dan Kolonel dan dari Mancanegara di SESKO TNI Bandung.
AKTIVITAS MAHASISWA
PUBLIKASI MAHASISWA
PERKEMBANGAN KELULUSAN
DOSEN SKM